AYAM RICA-RICA EXTRA PEDAS DAUN KEMANGI


Apa kalian suka makanan yang pedas? Kalau iya, kalian pasti bakal suka resep ayam rica-rica super pedas dengan kemangi ini. Resep ini sangat cocok buat kalian yang pengen buat masakan yang lezat, praktis, dan hemat. Kalian hanya perlu ayam, cabai, dan beberapa bumbu lainnya yang gampang didapat. Daun kemangi yang segar akan memberikan aroma dan rasa yang khas pada ayam rica-rica kalian. Yuk, ikutin langkah-langkah gampang dan simple berikut ini!


Bahan-bahan :
- 250 gram ayam, potong-potong sesuai selera
- Gula, garam, dan lada bubuk secukupnya
- 1 sdt kaldu jamur bubuk
- Air matang
- Minyak goreng 
- 1 buah jeruk limau
- 1 batang serai, memarkan
- 2 lembar daun jeruk,
- 1/2 ruas jahe, memarkan
- 1 batang daun bawang, iris serong
- 1 genggam daun kemangi, cuci bersih
- 2 lembar daun salam
- 1 ruas lengkuas, memarkan

Bumbu halus :
- 3 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 2 buah cabai merah besar
- 11 buah cabai rawit (atau sesuai selera pedas Anda)
- 1 butir kemiri

Cara membuat :
1. Marinasi ayam dengan air jeruk limau, diamkan selama 10 menit, lalu Diamkan selama 10 menit. Setelah itu buang airnya dan marinasi kembali dengan lada bubuk 1 sdt lada bubuk dan 1/2 sdt garam, aduk rata.


2. Haluskan semua bumbu halus dengan blender atau cobek.


3. Panaskan minyak goreng dalam wajan, lalu goreng ayam yang sudah di marinasi hingga berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.


4. Tumis bumbu halus dengan api sedang hingga harum dan matang, lalu masukkan serai, daun jeruk, jahe, daun salam, dan lengkuas. Aduk rata, lalu tambahkan sedikit air. Masak hingga bumbu mengental dan meresap.


5. Masukkan ayam yang sudah di goreng ke dalam tumisan bumbu, aduk rata. Tambahkan kaldu jamur, garam, gula, dan lada bubuk sesuai selera. Masak hingga bumbu merata dan menyatu dengan ayam.


6. Masukkan daun kemangi dan daun bawang, aduk sebentar hingga layu. Matikan api, lalu pindahkan ayam rica-rica ke dalam piring saji.


7. Nikmati ayam rica-rica super pedas dengan nasi hangat . Rasakan sensasi pedas dan segarnya daun kemangi yang bikin nagih!

Bagaimana, tertarik untuk mencoba resep ini di rumah? Ayam rica-rica super pedas dengan kemangi ini cocok untuk Kalian yang suka tantangan dan ingin memanjakan lidah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


~CK~

Posting Komentar

0 Komentar

SAMBEL TERASI GORENG